[mini writing] Honey and Milk, Angela, Julie, Aksel…

~5-10 min read

[Postingan ini merupakan postingan ke-3 dari series mini writing Flower Face]

Sebenarnya dari awal tidak ada rencana untuk membuat series tulisan dari lagu-lagunya Flower Face sejauh ini, yang dimulai dari penasaran apa sih arti Pisces Moon dan interpretasi lagu Baby Teeth, tapi seperti ada yang kurang kalau ngga posting salah dua lagu favorit gw dari album Baby Teeth ini: Honey and Milk dan Angela (terus Julie dan Aksel itu apa? baca aja sampai selesai, hehe). Seperti yang pernah dibahas sebelumnya di postingan ini, album tersebut merupakan sebuah kisah trauma emosional yang berisi kumpulan lagu/’soundtrack’ untuk ‘merayakan’ breakup/perpisahan terlebih jika anda kehilangan cinta pertama.

Honey and Milk
Lagu ini berada pada track no.2. Berikut potongan liriknya:

I don’t think I like this life that we’re living
Surviving on honey and milk you don’t give me much more to make sure that I’m breathing

But I’m living in the light of your halo

And the love that you made me fight for was never love at all

The honey and milk on my fingertips was never enough to make you stay

Si penulis lagu tidak berpikir menyukai hidup yang dia dan kekasihnya jalani: hidup dalam bayang-bayang cahaya kekasihnya, bertahan dengan ‘madu dan susu’ —sebuah metafor untuk semua kemanisan/kesenangan/romantisme?— tidak cukup untuk memberikan alasan dia untuk bertahan, dan cinta yang dia perjuangkan bukanlah cinta sama sekali menurutnya.


Angela
Lagu ini berada pada track no.5 dan merupakan lagu terfavorit gw dan terpedih di dalam album ini (apalagi dengerinnya di pojogan kamar sendirian, haha). Berikut potongan liriknya:

I danced in the parking lot, cried in the taxi home cause I still remembered your name
And oh, I’m not in love anymore, anymore
But I will keep you close to me forever

And there you are, beautiful just like the first time
You reach out, I’m shaking again
You’re gone in a moment, you leave me alone
But I swear you were real in my hands

Well I know these words might mean nothing now
While I’m stuck in this ghost town
Your softness still haunts me
Someday I’ll find my way out of here
If you don’t change your mind, my dear
I’ll take you with me

Sebuah perasaan yang dirasakan penulis lagu yang dapat dirangkum menjadi: aku udah ga cinta kamu lagi, tetapi aku akan membuatmu tetap dekat denganku selamanya. Sebegitu dekatnya karena si penulis lagu masih mengingat dan dihantui perasaan terhadap kekasihnya: namanya, wajahnya saat mereka bertemu kali pertama, tangannya, kelembutannya.
Bagaimanapun, pada akhirnya, dia akan tetap membawanya bersamanya.

[spoiler alert] Ada hal yang menarik (masa sih?). Di bagian tengah-akhir waktu gw nonton film The Worst Person in the World/Verdens verste menneske (2021) di awal tahun 2022, beberapa lagu dari album Baby Teeth ini berputar di dalam kepala terutama setelah bagian dialog berikut. Kalau pembaca pernah menonton filmnya, mungkin ingat dialog Julie dan Aksel di bawah ini:

Aksel : I can see you’re in a crisis right now. I can understand that. But if you love me, we’ll sort it all out.

Julie : Yes, I do love you. And I don’t love you.

Aksel : I get that you feel stuck. You need a change. But is this the solution?

Julie : This is exactly my point. I’m trying to tell you how I feel, and you’re defining my feelings.

Dialog I do love you and I don’t love you terngiang-ngiang di kepala gw sambil tercampur dengan suara Flower Face di ‘latar belakang’ karena dialog itu mengingatkan kepada ‘bayangan mental’ gw terhadap lagu-lagu di dalam album Baby Teeth. Bagaimana bisa seseorang melakukan dua hal yang berlawanan sekaligus? Saya cinta kamu dan saya tidak cinta kamu. Saya hidup dan saya mati. Rumit.

Atau mungkin kata dan bisa juga dimaknai mendeskripsikan dua hal yang berlawanan dengan kata hubung yang setara, seperti sebelum dan sesudah, dulu dan sekarang yang mungkin bisa berarti:
(dulu) saya cinta kamu dan (sekarang) saya ga cinta kamu.
Kalimat yang singkat tetapi (menurut gw) merangkum/menyimpan banyak cerita, pengalaman dan perasaan yang tak terkatakan di tengah-tengahnya, yaitu di kata ‘dan‘ (yang menjadi sebuah fase transformasi).

Julie menjelaskan: dia mencoba memberi tahu kepada Aksel bagaimana perasaannya (mencoba mengurai apa yang terangkum di dalam kata ‘dan‘, sehingga membuatnya tidak mencintai Aksel lagi?), setelah Aksel sebelumnya malah mendefinisikan perasaan Julie itu sebagai stuck‘ yang bagi Aksel, Julie membutuhkan perubahan.

Cerita, perasaan, pikiran dan segala pergulatan yang ada di sepanjang lagu di dalam album Baby Teeth menurut gw merupakan ‘uraian kekusutan dari apa yang tak terkatakan sebelumnyayang terangkum di dalam kata hubung ‘dan‘ (yang menjadi sebuah transformasi emosional) sebelum tiba pada fase I don’t love you/I’m not in love anymore.

There are things that we will never say, but we know, we know

Berikut lirik lengkap lagu Honey and Milk:

Keep me caged with the animals
Tasting my sorrow and teaching me lessons
You found me asleep with the roses all over my body
Like a confession
Cigarette burns on my collar
I don't think I like this life that we're living
Surviving on honey and milk
You don't give me much more
To make sure that I'm breathing

I think God's staying at the Diane Motel
And he's smoking out on the porch
And you're crying in the parking lot again
Just praying that I will come home
But I've been lost for so many days on the interstate
I don't know morning from dark
And the kindness of strangers
And the strangeness of everyone I know
Has just fucked with my heart

You laugh like an angel
With comatose love in your eyes
Like a sleeping city
You put me to rest in your gravestone chest
Tell me I've never looked so pretty
The funeral party had drinks
And nobody asked why you smashed up the table
Your promises fold and your voice is so loud
But I'm living in the light of your halo

I think God's passed out in the bathtub again
Because nobody answered the door
And the love that you made me fight for
Was never love at all
The red light shines through the window
And I've got a black eye
For every bed that you've made
The honey and milk on my fingertips
Was never enough to make you stay

Berikut lirik lengkap lagu Angela:

Daylight, I dream of you softly
I wrote you a letter that will never reach you
In Montreal, the days are much colder there
Now you grow older there, without me
On the lookout, baby won't you look out?
A car full of raccoons, I think that I'm crazy
And downtown, the bar lights illuminate
Lost in a cityscape where i try to find you

You walk like a miracle, bathing in starlight
Your voice burning holes in the frame
I danced in the parking lot, cried in the taxi home
Cause I still remembered your name
And oh, I'm not in love anymore, anymore
But I will keep you close to me forever

Moonlight, I dream of you endlessly
Drowning in reverie, waiting for morning
Dim light, I'm drunk at the bar again
Holding a stranger's hand, a crowd with no faces

And there you are, beautiful just like the first time
You reach out, I'm shaking again
You're gone in a moment, you leave me alone
But I swear you were real in my hands

And oh, I'm not in love anymore, anymore
But I will keep you close to me forever

Well I know these words might mean nothing now
While I'm stuck in this ghost town
Your softness still haunts me
Someday I'll find my way out of here
If you don't change your mind, my dear
I'll take you with me

Namun, kenyatannya, perasaan tidak sesederhana ‘and I don’t love you/and I’m not in love anymore lalu selesai’ kan? (ehm…) Karena pada lagu penutup album ini, yaitu Another Life, Flower Face menulis:

Cause I loved you then and I love you now
Don’t need to practice love, we already know
What does this all mean, what’s it all about?

If it’s not enough we can let it die
If we leave right now, never tell them why
If you leave me now I won’t ask you why

We can start again in another life

🥲

UPDATE: Tulisan mengenai lagu Flower Face yang berjudul Beadhead sudah diposting!

2 thoughts on “[mini writing] Honey and Milk, Angela, Julie, Aksel…

Leave a comment